Perencanaan Pemasaran

Halo semua Perkenalkan saya Muhammad Dwi Karcahyo saya sedang melakukan pendidikan di universitas esa unggul dengan jurusan ilmu hukum semester 6 Dengan Nim 20190401083, saat ini saya sedang mengerjakan tugas Kewirausaan 2 dalam bentuk blog Tugas ini berjudul "Perencanaan Pemasaran". Berikut pembahasannya Terimakasih


1.     Buat Bauran Pemasaran

·       Produk

Minuman Jus kita ini merupakan produk minuman berasal dari hobi, karna kami sebagai owner sering sekali membuat dan suka sekali dengan minuman jus buah, sehingga untuk menambah penghasilan dibuatlah jualan minuman jus ini. Dari yang kami sering buat hanya satu jenis rasa buah  hingga sampai sekarang rasanya pun bermacam macam dan bisa juga di mix. Minuman jus kita ini memiliki arti bahwa kita merasa membuat jus ini sendiri yaitu jus ini punya kita jadi pembeli merasa dialah yang membuat jus tersebut.

Inovasi-inovasi/variasi rasa, kami memiliki inovasi mix buah yang berbeda dengan yang lain serta tidak menghilangkan kandungan vitamin dalam buah tersebut seperti:

ü  Pisang di Mix Dengan Apel

ü  Buah Naga Di Mix Dengan Kiwi

ü  Alpukat Di Mix Dengan Pisang

Serta banyak lagi yang kami bisa mix sesuai request pembeli.

Packaging kami menggunakan gelas plastik yang unik dan bisa dipakai kembali serta plastik yang kami gunakan untuk membungkus ramah lingkungan plastik kamu akan rusak dengan sendirinya jika sudah terpakai.

Dengan adanya inovasi rasa dan packaging yang unik kami yakin produk minuman jus kami ini akan lebih menarik dari pada tempat lain selain itu juga dihadirkannya inovasi rasa tersebut uuntuk menarik perhatian kepada semua segmen pasar mulai dari anak anak, remaja bahkan orang tua.


·       Harga

Harga yang kami pasarkan sangatlah terjangkau dan tidak menguras kantong, kami mematok harga sangat murah, harga yang kami buat ialah jika hanya dengan satu buah kami mematok harga Rp,10,000,00 jika ingin di mix kami mematok harga Rp,18,000,00, kami pun juga memberikan harga potongan jika membeli lebih dari 2 maka di pembelian ketiga mendapatkan potongan sebesar Rp,2000,00 

Disamping harga yang kami tawarkan murah kami menjamin kualitas tetap terjaga dengan baik.

 

·       Promosi

Kami awalnya melakukan promosi dari mulut-mulut kerabat terdekat kami untuk mereka memberikan informasi ke teman temannya serta kami juga sering mengiklankan produk kami ke berbagai sosmed seperti instagram story dan twiter sehingga kami yakin produk kami dikenal oleh masyarakat luas.

 

·       Lokasi

Lokasi kami sangat lah strategis karna ruko kami berdekatan sekali dengan sekolah  dan perkantoran sehingga pada saaat siang hari jus kami sangatlah ramai, serta kami juga menggunakan online seperti gofood,shopee food, dan grabfood serta jus kami bisa dipesan via whatsapp.

 

2.     Buat STP

  • Segmentasi

implementasi segmentasi dalam bisnis jus ini adalah jus merupakan minuman sehat, Jus adalah minuman yang dibuat dari ekstraksi atau pengepresan cairan alami yang terkandung dalam buah dan sayuran. Minuman Jus ini sangat baik untuk orang yang sedang menginginkan tubuh yang bagus serta untuk orang-orang yang sedang diet, terkait dengan bisnis kami, kami telah melakukan survei kepada pembeli jus kami mereka bilang pada jus kami ini lebih segar dibanding dengan jus jus yang orang orang jual.

  • Targeting

Selanjutnya, setelah kita memilih segmen pasar, langkah selanjutnya ialah menetapkan targer market kita, dalam menentukan target pasar, kita memilih untuk memilih segmen pasar tunggal dengan memperhatikan ukuran dan besarnya segmen yang telah di tetapkan serta posisi persaingan yang ada didalamnya. Pada saat ini Jus kita telah memilih segmen kelas menengah kebawah dan berfokus pada pemasarannya kepada pelanggan di segmen tersebut.

  • Positioning

Selanjutnya setelah target pasar ditentukan, maka penempatan produk dengan memberi keunggulan agar dapat bersaing dengan pesaing yang masuk dalam segmen yang sama, tujuan dari penempatan posisi ini adalah untuk membangun dan mengkonsumsikan keunggulan produk yang ada di pasar ke dalam benak konsumen. Kualitas dari jus kita ini sangatlah terpilih, dengan buah -buah pilihan yang unggul dan kualitas premium menjadikan jus kita ini menjadi jus yang baik dan banyak dikenal orang.

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prototype MPV

Lean Model Canvas