Jawaban Tugas Sesi 2 Kewirausaan2 M Dwi Karcahyo (20190401083)
ANALISIS VRIO
Halo semua Perkenalkan saya Muhammad Dwi Karcahyo saya sedang melakukan
pendidikan di universitas esa unggul dengan jurusan ilmu hukum semester 6
Dengan Nim 20190401083, saat ini saya sedang mengerjakan tugas Kewirausaan 2
dalam bentuk blog Tugas ini berjudul ANALISIS VRIO. Terimakasih
Apa Itu Analisis VRIO?
Analisis VRIO/Kerangka VRIO adalah alat yang digunakan untuk menganalisis sumber daya internal perusahaan dan kemampuan untuk mengetahui apakah perusahaan dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif berkelanjutan.
VRIO Analysis dikembangkan tahun 1991 oleh Jay B. Barney, guru besar Amerika
dalam bidang manajemen strategis pada University of Utah, ia terkenal karena
kontribusinya pada teori keunggulan kompetitif (competitive advantage) berbasis
sumber daya.
Barney mengidentifikasi empat atribut yang harus dimiliki oleh sumber daya perusahaan agar memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.
Pertama, Valuable
Ciri atribut valuable adalah menciptakan nilai produk atau layanan dengan
memanfaatkan peluang dan menekan ancaman dalam lingkungan bisnis.
Sumber daya atau kapabilitas dapat dikatakan bernilai jika perusahaan
memungkinkan dalam mengeksploitasi peluang, namun juga dapat memperkecil
ancaman yang ada dalam lingkungan bisnis.
Kedua, Rare
Ciri atribut rare adalah menciptakan produk atau layanan yang langka dengan
memanfaatkan peluang dan menekan ancaman dalam lingkungan bisnis.
Perusahaan yang hanya memiliki atribut pertama yaitu nilai belum tentu
menjadi unggul dibandingkan dengan pesaing, namun jika perusahaan memiliki
nilai dan langka (tidak dimiliki oleh pesaing) maka perusahaan akan memiliki
keunggulan kompetitif dibandingkan dengan perusahaan lain yang tidak mempunyai
sumber daya.
Ketiga, Inimitable
Ciri atribut Inimitable adalah menciptakan produk atau layanan yang tidak
dapat ditiru (tidak ada bandingnya) dengan memanfaatkan peluang dan menekan ancaman
dalam lingkungan bisnis.
Jika atribut nilai dan langka telah dimiliki perusahaan dan memiliki keunggulan kompetitif, maka perusahaan lain akan berupaya dengan keterbatasan sumber daya untuk menciptakan produk atau layanan yang mirip.
Keempat, Organization
Ciri atribut organization adalah perusahaan harus memiliki kemampuan dalam
mengorganisasi atribut nilai, langka dan tidak dapat ditiru dengan cara
mengekploitasi sumber daya atau kapabilitas.
Perlu dipikirkan apakah organisasi memiliki kemampuan untuk
melakukannya? Dan patut menjadikan perhatian berapa biaya yang dikeluarkan dan
berapa waktu yang diperlukan untuk tetap mempertahankan keunggulan kompetitif.
Perusahaan perlu melakukan prisip-prinsip mengelola organisasi dengan kaidah
POLC (Planing, Organizing, Leading dan Controling).
Kegunaan Analisis VRIO Secara Umum?
Konsep VRIO Framework secara keseluruhan dapat diterapkan pada perusahaan
atau departemen untuk sudut pandang yang ringkas dan bagaimana setiap aspek
bisnis Anda bisa memosisikan dengan sendirinya di pangsa pasar. Sangatlah
penting untuk mengulas konsep yang diterapkan secara periodik supaya
memaksimalkan daya saing Anda pada suatu industri.
Lalu, bagaimanakah cara menerapkan konsep ini? Berikut adalah
langkah-langkahnya:
1. Pertama, Mencari tahu sumber daya Anda
Lakukanlah analisis internal untuk mengerti kondisi
bisnis Anda saat ini. Analisis internal ini berupa mengidentifikasi sumber daya
yang berharga, langka, dan tak tergantikan. Ada dua tipe sumber daya pada
umumnya, yaitu fisik (seperti tanah, bangunan, dan mesin) dan non-fisik
(seperti intellectual property, hak paten, dan budaya organisasi).
2. Kedua, Meriksa seberapa terorganisir perusahaan Anda
Coba ajukan beberapa pertanyaan di bawah:
· Apakah
struktur dalam organisasi tersusun agar memaksimalkan penggunaan sumber daya?
·
Apakah
manajemen proses dalam organisasi efektif?
·
Adakah
sistem hadiah dan penghargaan yang efektif untuk karyawan?
·
Adakah
ide yang inovatif dari karyawan?
·
Adakah
manajemen dan sistem pengatur kualitas yang sesuai dalam perusahaan?
3. Ketiga, Menyimpan sumber daya utama untuk diri Anda sendiri
Temukanlah sesuatu dari sumber daya Anda yang memberikan
keunggulan kompetitif secara menerus. Jika ada, maka itulah sumber daya yang
harus dilindungi agar tidak diketahui oleh pesaing.
4. Keempat, Memastikan sumber daya pada VRIO mencakup informasi terkini
Perlu diketahui bahwa value setiap sumber daya di dunia
berubah seiring berjalannya waktu, terutama pada lingkungan dinamis dengan
perubahan konstan pada teknologi dan pasar secara umum – seperti saat ini. Oleh
karena itu, daftar sumber daya pada VRIO harus terus diperbaharui.
Implementasi Analisis VRIO Dalam Bisnis
Dalam Hal ini saya akan mengambil ide bisnis minuman sehat yaitu jus, berbisnis
jualan jus menurut saya yang paling tepat untuk saya selain murah jika dijual, bahan-bahannya
pun mudah sekali kita dapatkan . Berikut implementasinya :
1. VALUABLE, ketika kita ingin berjualan jus kita harus mengetahui benar takaran –
takaran atau ukuran yang pas pada satu gelas jus , kita akan selalu memperbaiki
kualitas jus hingga yang paling baik , selain itu kita harus mendesain logo
produk kita dengan baik dan menarik agar lebih mudah diingat oleh masyarakat
luas, serta melakukan pengiklanan melalui online seperti facebook, twiter, ojek
online maupun ke kerabat – kerabat dekat kami.
2. RARE,
dalam melakukan bisnis jus ini , sumber daya yang digunakan adalah sumber daya
manusia yang memiliki keahlian dalam mengelola jus dengan baik. Selain sumber
daya manusianya kami juga memilih tempat-tempat agen buah yang baik dan segar
sehingga kami memiliki pelayanan yang baik serta jus kami menjadi higenis dan
memiliki keunggulan yang kompetitif.
3. ININIMITABLE, Dengan adanya sumber daya manusianya yang baik serta
pemilihan buah yang teliti maka jualan bisnis jus kami memiliki keunikan
sendiri dan sulit ditiru.
4. ORGANIZATION, Dalam pelaksanaan penjualannya, kami dapat memberikan
pelayanan dengan baik dalam berjualan Offline maupun Online serta kami
memberikan Potongan Harga Jika pembelian melebihi 3 item macam jus buah dan
memberikan paket- paket pada jus kami sehingga lebih murah. Dalam pemesanan jus
kami dapat dipesan melalui aplikasi – aplikasi belanja onlie seperti
ShopeeFood, GoFood serta GrabFood.
Sekian Tugas Saya Kerjakan. Semoga dalam jawaban kali ini dapat memberikan
manfaat bagi para pembaca. Mohon maaf jika masih ada kesalahan dalam pengetikan
maupun penyebutan kata saya mohon maaf. Terima kasih Banyak.
Komentar
Posting Komentar