Jawaban Tugas Sesi 2 Kewirausaan2 M Dwi Karcahyo (20190401083)

ANALISIS VRIO

Halo semua Perkenalkan saya Muhammad Dwi Karcahyo saya sedang melakukan pendidikan di universitas esa unggul dengan jurusan ilmu hukum semester 6 Dengan Nim 20190401083, saat ini saya sedang mengerjakan tugas Kewirausaan 2 dalam bentuk blog Tugas ini berjudul ANALISIS VRIO. Terimakasih


Apa Itu Analisis VRIO?

Analisis VRIO/Kerangka VRIO adalah alat yang digunakan untuk menganalisis sumber daya internal perusahaan dan kemampuan untuk mengetahui apakah perusahaan dapat menjadi sumber keunggulan kompetitif berkelanjutan.

VRIO Analysis dikembangkan tahun 1991 oleh Jay B. Barney, guru besar Amerika dalam bidang manajemen strategis pada University of Utah, ia terkenal karena kontribusinya pada teori keunggulan kompetitif (competitive advantage) berbasis sumber daya.

Barney mengidentifikasi empat atribut yang harus dimiliki oleh sumber daya perusahaan agar memiliki keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. 

Pertama, Valuable

Ciri atribut valuable adalah menciptakan nilai produk atau layanan dengan memanfaatkan peluang dan menekan ancaman dalam lingkungan bisnis.

Sumber daya atau kapabilitas dapat dikatakan bernilai jika perusahaan memungkinkan dalam mengeksploitasi peluang, namun juga dapat memperkecil ancaman yang ada dalam lingkungan bisnis.

Kedua, Rare

Ciri atribut rare adalah menciptakan produk atau layanan yang langka dengan memanfaatkan peluang dan menekan ancaman dalam lingkungan bisnis.

Perusahaan yang hanya memiliki atribut pertama yaitu nilai belum tentu menjadi unggul dibandingkan dengan pesaing, namun jika perusahaan memiliki nilai dan langka (tidak dimiliki oleh pesaing) maka perusahaan akan memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan dengan perusahaan lain yang tidak mempunyai sumber daya.

Ketiga, Inimitable

Ciri atribut Inimitable adalah menciptakan produk atau layanan yang tidak dapat ditiru (tidak ada bandingnya) dengan memanfaatkan peluang dan menekan ancaman dalam lingkungan bisnis.

Jika atribut nilai dan langka telah dimiliki perusahaan dan memiliki keunggulan kompetitif, maka perusahaan lain akan berupaya dengan keterbatasan sumber daya untuk menciptakan produk atau layanan yang mirip. 

Keempat, Organization

Ciri atribut organization adalah perusahaan harus memiliki kemampuan dalam mengorganisasi atribut nilai, langka dan tidak dapat ditiru dengan cara mengekploitasi sumber daya atau kapabilitas.

Perlu dipikirkan apakah organisasi memiliki  kemampuan untuk melakukannya? Dan patut menjadikan perhatian berapa biaya yang dikeluarkan dan berapa waktu yang diperlukan untuk tetap mempertahankan keunggulan kompetitif. Perusahaan perlu melakukan prisip-prinsip mengelola organisasi dengan kaidah POLC (Planing, Organizing, Leading dan Controling).


Kegunaan Analisis VRIO Secara Umum?

Konsep VRIO Framework secara keseluruhan dapat diterapkan pada perusahaan atau departemen untuk sudut pandang yang ringkas dan bagaimana setiap aspek bisnis Anda bisa memosisikan dengan sendirinya di pangsa pasar. Sangatlah penting untuk mengulas konsep yang diterapkan secara periodik supaya memaksimalkan daya saing Anda pada suatu industri.

Lalu, bagaimanakah cara menerapkan konsep ini? Berikut adalah langkah-langkahnya:

1.    Pertama, Mencari tahu sumber daya Anda

Lakukanlah analisis internal untuk mengerti kondisi bisnis Anda saat ini. Analisis internal ini berupa mengidentifikasi sumber daya yang berharga, langka, dan tak tergantikan. Ada dua tipe sumber daya pada umumnya, yaitu fisik (seperti tanah, bangunan, dan mesin) dan non-fisik (seperti intellectual property, hak paten, dan budaya organisasi).

2.     Kedua, Meriksa seberapa terorganisir perusahaan Anda

Coba ajukan beberapa pertanyaan di bawah:

·   Apakah struktur dalam organisasi tersusun agar memaksimalkan penggunaan sumber daya?

·       Apakah manajemen proses dalam organisasi efektif?

·       Adakah sistem hadiah dan penghargaan yang efektif untuk karyawan?

·       Adakah ide yang inovatif dari karyawan?

·       Adakah manajemen dan sistem pengatur kualitas yang sesuai dalam perusahaan?

3.     Ketiga, Menyimpan sumber daya utama untuk diri Anda sendiri

Temukanlah sesuatu dari sumber daya Anda yang memberikan keunggulan kompetitif secara menerus. Jika ada, maka itulah sumber daya yang harus dilindungi agar tidak diketahui oleh pesaing.

4.      Keempat, Memastikan sumber daya pada VRIO mencakup informasi terkini

Perlu diketahui bahwa value setiap sumber daya di dunia berubah seiring berjalannya waktu, terutama pada lingkungan dinamis dengan perubahan konstan pada teknologi dan pasar secara umum – seperti saat ini. Oleh karena itu, daftar sumber daya pada VRIO harus terus diperbaharui.



Implementasi Analisis VRIO Dalam Bisnis

Dalam Hal ini saya akan mengambil ide bisnis minuman sehat yaitu jus, berbisnis jualan jus menurut saya yang paling tepat untuk saya selain murah jika dijual, bahan-bahannya pun mudah sekali kita dapatkan . Berikut implementasinya :

1.     VALUABLE, ketika kita ingin berjualan jus kita harus mengetahui benar takaran – takaran atau ukuran yang pas pada satu gelas jus , kita akan selalu memperbaiki kualitas jus hingga yang paling baik , selain itu kita harus mendesain logo produk kita dengan baik dan menarik agar lebih mudah diingat oleh masyarakat luas, serta melakukan pengiklanan melalui online seperti facebook, twiter, ojek online maupun ke kerabat – kerabat dekat kami.

2.     RARE, dalam melakukan bisnis jus ini , sumber daya yang digunakan adalah sumber daya manusia yang memiliki keahlian dalam mengelola jus dengan baik. Selain sumber daya manusianya kami juga memilih tempat-tempat agen buah yang baik dan segar sehingga kami memiliki pelayanan yang baik serta jus kami menjadi higenis dan memiliki keunggulan yang kompetitif.

3.     ININIMITABLE, Dengan adanya sumber daya manusianya yang baik serta pemilihan buah yang teliti maka jualan bisnis jus kami memiliki keunikan sendiri dan sulit ditiru.

4.     ORGANIZATION, Dalam pelaksanaan penjualannya, kami dapat memberikan pelayanan dengan baik dalam berjualan Offline maupun Online serta kami memberikan Potongan Harga Jika pembelian melebihi 3 item macam jus buah dan memberikan paket- paket pada jus kami sehingga lebih murah. Dalam pemesanan jus kami dapat dipesan melalui aplikasi – aplikasi belanja onlie seperti ShopeeFood, GoFood serta GrabFood.

 

 

Sekian Tugas Saya Kerjakan. Semoga dalam jawaban kali ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca. Mohon maaf jika masih ada kesalahan dalam pengetikan maupun penyebutan kata saya mohon maaf. Terima kasih Banyak.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perencanaan Pemasaran

Prototype MPV

Lean Model Canvas