Lean Model Canvas

Lean Model Canvas

Halo semua Perkenalkan saya Muhammad Dwi Karcahyo saya sedang melakukan pendidikan di universitas esa unggul dengan jurusan ilmu hukum semester 6 Dengan Nim 20190401083, saat ini saya sedang mengerjakan tugas Kewirausaan 2 dalam bentuk blog Tugas ini berjudul "LEAN MODEL CANVAS". Terimakasih. Berikut Adalah Link Tugas Per 2 https://mdwikarcahyo.blogspot.com/2022/04/jawaban-tugas-sesi-2-kewirausaan2-m-dwi.html

Pengertian Lean Canvas

Lean canvas adalah template yang digunakan para pengusaha atau pebisnis dalam membantu mereka dalam memecahkan ide agar lebih mudah dibaca dan dipahami. Template itu nantinya membuat ide yang rumit menjadi lebih fleksibel dan berfungsi menemukan informasi dengan mudah yang dibutuhkan dalam suatu perkembangan bisnis.

Pertama kali lean canvas dibuat oleh Ash Maurya seorang penulis buku Running Lean pada tahun 2010. Beliau sendiri adalah seorang advokat dari perusahaan rintisan atau startup yang ramping dan pendiri serta CEO Leansteak. Pembuatan template ini awalnya diadaptasi oleh Business Model Canvas dan menggunakan prinsip yang sama. 

Tetapi template ini lebih mengefisiensi waktu dan juga memangkas lebih banyak informasi. Dengan menggunakan model ini akan membantu Anda untuk memetakan beberapa poin penting untuk mengubah ide bisnis menjadi sesuatu yang lebih jelas.

Penjelasan 

Customer Segment

Customer segment merupakan segment customer yang telah menggunakan produk Anda.

Problem

Problem atau masalah dibuat untuk mencantumkan satu hingga tiga masalah prioritas tinggi yang perlu diselesaikan. Seperti produk yang salah dibuat ketika beberapa jenis gagal menerapkan waktu dan sumber daya yang baik, karena itu penting sekali untuk memahami masalahnya.

Solution

Berdasarkan rincian masalah yang sudah teridentifikasi, solusi kemudian lebih ditemui. Cara terbaik untuk mengetahui solusi yaitu dengan bertanya langsung ke konsumen. 

Unique Value Proposition (UVP)

Unique value proposition atau proposisi nilai unik terletak di tengah-tengah lean canvas. Sebuah nilai berharga untuk disampaikan kepada pelanggan disebut proposisi nilai. Ini harus menjadi alasan utama calon pembeli harus membeli diri Anda.

Channel 

Seperti apa cara yang ditempuh perusahaan dalam memasarkan produk akan terlihat dari channel mana saja yang akan diambil.

Revenue Streams

Revenue stream merupakan sumber pendapat bisnis yang Anda peroleh dari pelanggan. Pendapatan ini bisa digunakan untuk meningkatkan bisnis, menggaji karyawan, investasi, dan lain-lain.

Cost Structure

Cost structure merupakan list biaya-biaya yang dikeluarkan. Mulai dari proses pembuatan dan pengembangan sampai dengan pemasaran dan periklanan.

Key Activity

Untuk mengetahui apakah bisnis berjalan sesuai apa yang direncanakan, harus ada semacam indikator atau parameter sebagai ukuran sukses.

Unfair Advantage

Komponen ini berbicara seputar keunggulan yang tidak dimiliki kompetitor. Dengan memiliki keunggulan tersebut, perusahaan diharapkan mampu memaksimalkan peluang guna mendongkrak popularitas bisnis.


Berikut Adalah Merupakan Gambar Lean Model Canvas Yang Saya Buat.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perencanaan Pemasaran

Prototype MPV