Segmentation, Targeting, Positioning

 Haloo Semuaa. Saya Muhammad Dwi Karcahyo  dari Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul dengan NIM 20190401083. Kali ini saya akan membahas mengenai "Segementation, Targeting dan Positioning". Berikut Pembahasannyaa..

 

·       Pengertian Segementation, Targeting dan Positioning

STP atau Segmentation Targeting Positioning adalah salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan pesan dan strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi target audiens tertentu.

Model pemasaran ini dikenal sebagai salah satu yang paling efektif dan populer digunakan hingga saat ini. Agar kamu lebih mengenal apa yang disebut sebagai STP marketing ini coba perhatikan ulasan berikut.

Pada dasarnya STP marketing atau Segmenting Targeting Position adalah salah satu model pemasaran yang penerapannya melibatkan tiga tahapan yaitu melakukan segmentasi pasar, menargetkan segmen yang diyakini paling menguntungkan dan memposisikan produk yang dijual dengan cara yang paling bernilai.

Fokus utama dalam model pemasaran STP ini adalah pada pendekatan audiens, bukan produk. Model ini berfokus pada pemilihan segmen yang paling bernilai bagi bisnis pada saat merancang strategi pemasaran produk agar penyampaian pesan lebih relevan di setiap segmen audiens tersebut.

 

  • Segmentasi Ide Bisnis

Berikut untuk melanjutkan ide bisnis minggu yang lalu yaitu bisnis berjualan jus , implementasi segmentasi dalam bisnis jus ini adalah jus merupakan minuman sehat, Jus adalah minuman yang dibuat dari ekstraksi atau pengepresan cairan alami yang terkandung dalam buah dan sayuran. Minuman Jus ini sangat baik untuk orang yang sedang menginginkan tubuh yang bagus serta untuk orang-orang yang sedang diet, terkait dengan bisnis kami, kami telah melakukan survei kepada pembeli jus kami mereka bilang pada jus kami ini lebih segar dibanding dengan jus jus yang orang orang jual.

  • Targeting Ide Bisnis

Selanjutnya, setelah kita memilih segmen pasar, langkah selanjutnya ialah menetapkan targer market kita, dalam menentukan target pasar, kita memilih untuk memilih segmen pasar tunggal dengan memperhatikan ukuran dan besarnya segmen yang telah di tetapkan serta posisi persaingan yang ada didalamnya. Pada saat ini Jus kita telah memilih segmen kelas menengah kebawah dan berfokus pada pemasarannya kepada pelanggan di segmen tersebut.

  • Positioning Ide Bisnis

Selanjutnya setelah target pasar ditentukan, maka penempatan produk dengan memberi keunggulan agar dapat bersaing dengan pesaing yang masuk dalam segmen yang sama, tujuan dari penempatan posisi ini adalah untuk membangun dan mengkonsumsikan keunggulan produk yang ada di pasar ke dalam benak konsumen. Kualitas dari jus kita ini sangatlah terpilih, dengan buah -buah pilihan yang unggul dan kualitas premium menjadikan jus kita ini menjadi jus yang baik dan banyak dikenal orang.

 

  • Kesimpulan

Jadi Bisnis Jus kami ini berada dalam pasar kelas menengah kebawah lalu target pasar kami pun pada segmen pasar tunggal, serta kami juga walaupun memposisikan kami pada kelas sosial menengah kebawah namun kualitas pada minuman kami premium

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perencanaan Pemasaran

Prototype MPV

Lean Model Canvas