Segmentation, Targeting, Positioning
Haloo Semuaa. Saya Muhammad Dwi Karcahyo dari Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul dengan NIM 20190401083. Kali ini saya akan membahas mengenai "Segementation, Targeting dan Positioning". Berikut Pembahasannyaa..
· Pengertian Segementation, Targeting dan Positioning
STP atau Segmentation Targeting Positioning
adalah salah satu pendekatan atau model yang digunakan untuk mengembangkan
pesan dan strategi pemasaran yang sesuai pada segmentasi target audiens
tertentu.
Model pemasaran ini dikenal sebagai salah satu yang paling efektif dan populer digunakan hingga saat ini. Agar kamu lebih mengenal apa yang disebut sebagai STP marketing ini coba perhatikan ulasan berikut.
Pada dasarnya STP marketing atau Segmenting
Targeting Position adalah salah satu model pemasaran yang penerapannya
melibatkan tiga tahapan yaitu melakukan segmentasi pasar, menargetkan segmen
yang diyakini paling menguntungkan dan memposisikan produk yang dijual dengan
cara yang paling bernilai.
Fokus utama dalam model pemasaran STP ini
adalah pada pendekatan audiens, bukan produk. Model ini berfokus pada pemilihan
segmen yang paling bernilai bagi bisnis pada saat merancang strategi pemasaran
produk agar penyampaian pesan lebih relevan di setiap segmen audiens tersebut.
- Segmentasi
Ide Bisnis
Berikut untuk melanjutkan
ide bisnis minggu yang lalu yaitu bisnis berjualan jus , implementasi segmentasi dalam bisnis jus ini adalah jus merupakan minuman sehat, Jus adalah minuman yang dibuat dari ekstraksi
atau pengepresan cairan alami yang terkandung dalam buah dan sayuran. Minuman Jus ini sangat
baik untuk orang yang sedang menginginkan tubuh yang bagus serta untuk orang-orang
yang sedang diet, terkait dengan bisnis kami, kami telah melakukan survei
kepada pembeli jus kami mereka bilang pada jus kami ini lebih segar dibanding
dengan jus jus yang orang orang jual.
- Targeting Ide Bisnis
Selanjutnya, setelah kita memilih segmen
pasar, langkah selanjutnya ialah menetapkan targer market kita, dalam
menentukan target pasar, kita memilih untuk memilih segmen pasar tunggal dengan
memperhatikan ukuran dan besarnya segmen yang telah di tetapkan serta posisi
persaingan yang ada didalamnya. Pada saat ini Jus kita telah memilih segmen
kelas menengah kebawah dan berfokus pada pemasarannya kepada pelanggan di
segmen tersebut.
- Positioning Ide Bisnis
Selanjutnya setelah target
pasar ditentukan, maka penempatan produk dengan memberi keunggulan agar dapat
bersaing dengan pesaing yang masuk dalam segmen yang sama, tujuan dari penempatan
posisi ini adalah untuk membangun dan mengkonsumsikan keunggulan produk yang
ada di pasar ke dalam benak konsumen. Kualitas dari jus kita ini sangatlah
terpilih, dengan buah -buah pilihan yang unggul dan kualitas premium menjadikan
jus kita ini menjadi jus yang baik dan banyak dikenal orang.
- Kesimpulan
Jadi Bisnis Jus kami ini berada
dalam pasar kelas menengah kebawah lalu target pasar kami pun pada segmen pasar
tunggal, serta kami juga walaupun memposisikan kami pada kelas sosial menengah
kebawah namun kualitas pada minuman kami premium
Komentar
Posting Komentar